Diberdayakan oleh Blogger.

Bahaya plastik untuk kesehatan manusia serta penggolongan nya

Seperti kita ketahui , akhir – akhir ini banyak kita dengar atau kita baca di media massa pemberitaan tentang dampak negatif dari pemakaian wadah plastik yang sering dipakai oleh masyarakat pada umumnya. Sebenarnya, plastik itu adalah benda yang mengandung bisphenol A dan di dalam plastik juga terdapat zat nonplastik yang disebut aditif yang berupa zat – zat yang berfungsi sebagai pewarna , antilekat dan masih banyak lagi.

            Dari bahan – bahan yang ada di dalam plastik itu, ada banyak dampak positif dan bahkan juga terdapat banyak dampak negatif nya . Dampak positif penggunaan plastik terhadap para pemakainya dalam kehidupan sehari – hari antara lain , adalah bahwa plastik itu kuat , tetapi tidak ringan , tidak berkarat , dapat diberi label ataupun cetakan , mudah diubah bentuknya. Kemudian , plastik juga dapat kita pakai sebagai pembungkus . Tetapi , segala sesuatu , selain mempunyai dampak positif pasti juga mempunyai dampak negatif . Dampak negatif dari pemakaian plastik adalah dengan adanya kandungan Bishpenol A yang ada di dalam plastik yang berdampak pada kesehatan, antara lain perubahan permanen pada organ kemaluan , memungkinkan terjadinya kanker payudara , adanya benjolan – benjolan pada kulit , menyebabkan kanker hati , sperma menjadi tidak subur , dan menyebabkan bayi – bayi lahir dalam kondisi cacat.

            Oleh karena itu, untuk menghindari agar tidak terkena dampak negatif dari pemakaian wadah plastik itu, kita sebaiknya mengenali kemasan atau wadah plastik yang baik agar terhindar dari dampak negatif wadah plastik dengan melihat symbol – symbol dan penggolongan yang dikeluarkan The Sosiety of Plastic Industry sejak tahun 1988 di Amerika Serikat.

            Penggolongan wadah plastik yang beredar di masyarakat itu , umumnya berbentuk segitiga, dan di dalam segitiga terdapat angka, serta nama jenis plastik di bawah segitiga .

Inilah penggolongan nya. :

Pertama , PET atau Polyethylene Terephthalate . Biasa nya didalam segitiga terdapat angka 1 . Simbol ini dipakai untuk botol plastik yang jernih , transparan seperti : botol – botol minuman . Plastik jenis ini hanya untuk sekali pakai.

Kedua , HDPE atau High Density Polyethylene . Biasanya di dalam segitiga terdapat angka 2 . Simbol ini dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu , Tupperware , gallon air minum , kursi lipat . Plastik jenis ini juga direkomendasikan agar digunakan sekali saja, , tetapi bahan ini termasuk aman digunakan.

Ketiga, V atau Polyvinyl Chloride . Biasanya di dalam segitiga terdapat angka 3 . Simbol ini dipakai untuk pembungkus plastik dan botol – botol . Jenis plastik ini adalah yang paling sulit di daur ulang .

Keempat , LDPE atau Low Density Polyethylene. Biasanya , di dalam segitiga terdapat angka 4 . Jenis plastik seperti ini biasanya digunakan untuk tempat – tempat makanan dan botol – botol lembek . Jenis plastik seperti ini , dapat di daur ulang .

Kelima , PP atau Polypropylenen. Biasanya di dalam segitiga terdapat angka 5 . Jenis plastik ini biasanya dipakai untuk menyimpan makanan bayi dan botol minumannya . Jenis plastik ini adalah pilihan terbaik untuk menggunakan bahan plastik.

Keenam, PS atau Polystyrene . Biasanya didalam segitiga terdapat angka 6. PS biasa dipakai untuk tempat makan Styrofoam . Bahan tersebut harus dihindari karena dapat menyebabkan kanker .

Ketujuh, OTHER . Biasanya didalam segitiga terdapat angka 7 . OTHER dapat ditemukan pada botol minuman olahraga, suku cadang mobil , plastik kemasan , botol susu bayi , dan kaleng kemasan , termasuk kaleng formula.

Setelah kita menetahui bagaimana penggolongan plastik – plastik yang ada di masyarakat. Kita harus bijak dalam menggunakan plastik , khususnya plastik dengan kode 1,3,6 dan 7 ( khususnya polycarbonate ) , seluruhnya mempunyai bahan secara kimiawi. Namun , walaupun begitu , bukan berarti semua plastik lain aman untuk digunakan , namun perlu dipelajari lagi sifat – sifat dari plastik itu. Maka , jika kita ingin menggunakan platik , akan lebih aman jika menggunakan plastik dengan kode 2,4,5,dan 7 (kecuali polycarbonate) bila memungkinkan .  Jika tidak ada kode plastik dalam kemasan tersebut, hendaknya tanyakan pada produsen plastik tersebut tentang plastik tersebut tentang tipe plastik apa yang digunakan untuk membuat plastik tersebut .
Setelah kita mengetahui , informasi yang dapat kita ambil dari penggolongan plastik – plastik itu, kita sebaiknya mengetahui tips – tips yang baik untuk memilih atau pun menggunakan plastik agar terhindar dari dampak negatif nya , antara lain :

1)                          Hindari atau minimalkan pemakaian plastik . Misalnya untuk makanan yang dibungkus seperti bakso , soto , atau makanan lain . Gunakanlah rantang seperti zaman dahulu. Walaupun kurang praktis tapi demi kesehatan mengap tidak ?

2)                          Bila ingin memilih plastik lemas untuk menutup makanan , gunakanlah yang labelnya tertera polietilen.

3)                          Kemasan atau wadah yang digunakan untuk makanan atau minuman sebaiknya jangan dipakai untuk wadah makanan atau minuman yang panas .

4)                          Gunakan cangkir bayi berbahan stainless steel.

5)                          Hindari penggunaan botol plastik untuk menyimpan air minum.

Sekian penjelasan dari saya, seputar bahaya wadah plastik . Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua .

0 komentar:

Poskan Komentar